Pernahkah Kamu Merasa Sangat Gagal Dalam Hidup? Sepertinya Ini Bisa Menjadi Solusi Untukmu

Pernahkah kamu merasa sangat gagal dalam menjalani hidup ini? Atau dari sekian banyak hal yang kamu usahakan tidak ada yang membuahkan hasil. Pernahkah merasa demikian dahulu, atau bahkan saat ini?

Jika kita terus bertanya-tanya tentu jawabannya akan beragam dimulai dari "ada", "tidak", "hmm,, rasanya pernah", dan "iya, aku merasakannya". Atau yang paling parahnya akan mengatakan "itulah kondisiku saat ini".

Tidak usah berbelit-belit dan memperpanjang masalah hingga solusi yang dibutuhkan akan semakin sulit ditemukan. Mari kita fokus ke-apa saja yang sebaiknya kita lakukan jika hal itu terjadi pada kita?

Pertama, yakinilah bahwa kegagalan itu hal yang biasa. Tidak perlu sampai berjungkir balik tidak karuan seperti orang strees ketika gagal dalam suatu upaya. Setiap orang pernah gagal kok.


Kedua, jangan malu karena gagal. Alasannya adalah kita seharusnya malu jika hal yang terjadi pada diri kita tidak terjadi pada orang lain, sedangkan gagal terjadi pada semua orang. Untuk apa malu karena gagal?


Ketiga, kegagalan itu tidak selalu buruk. Pernah dengar cerita rang yang selalu gagal dalam berbagai hal? Hingga akhirnya dia menemukan sesuatu yang benar-benar sesuai dengan jati dirinya. Bisa jadi kegagalan itu menjadi rambu-rambu penunjuk jalan agar kita lebih kenal dengan diri sendiri.

Keempat, kalau kegagalan itu tidak ada tentu tidak akan pernah ada yang namanya berhasil.

Comments