Inilah Cara Ampuh Memajukan Indonesia

Pernah gak bercita-cita memajukan indonesia? Atau sekedar bermimpi Indonesia masuk dalam sederet negara maju Dunia? Sebagai warga negara Indonesia yang baik sudah semestinya kita mendambakan jal itu terjadi. Lebih bagus lagi jika kita yang menjadi motor penggerak kemajuan Indonesia.

Sebelum jauh-jauh tentu kita harus tahu dulu parameter apa saja yang dijadikan dasar penglklasifikasian negara maju dan berkembang. Dalam buku pelajaran IPS SMP ada lho... Ini dia:

parameter negara maju
a. kondisi ekonomi dalam negara itu harus baik, hal ini dilihat dari pendapatan perkapita, tingkat pertumbuhan ekonomi, kegiatan perekonomian utama, ketersediaan modal, dan pemanfaatan sumber daya alam.


b. kondisi penduduk juga harus sehat, hal ini dilihat dai angka pertumbuhan penduduk dan kepadatan penduduk. Negara maju cendrung pertumbuhan penduduk dan kepadatan penduduknya rendah.


c. tingkat pengangguran yang rendah menjadi salah satu parameter negara digolongkan kedalam negara maju.


d. tingkat pendidikan yang tinggi akan mendukung kemajuan suatu negara.


e. keadaan sosial budaya menjadi salah satu faktor penentu kemajuan suatu negara. Hal ini dilihat dari cara berfikir masyarakat yang apakah masih percaya dengan hal-hal yang tidak masuk logika seperti takhayul. Masyarakat negara maju akan lebih mengedepankan berfikir menggunakan logika ketimbang hal-hal yang masih sekedar mitos.


f. kemajuan teknologi dan Informasi memiliki peran penting dalam memajukan suatu negara. Bahkan bisa dikatakan majunya teknologi dan informasi suatu negara akan mendongkrak nilai parameter kemajuan negara yang lainnya. Kondisi ekonomi, penduduk, rendahnya pengangguran, tingkat pendidikan, dan keadaan sosial budaya akan semakin baik dengan majunya teknologi dan informasi.


Inilah bukti kemajuan teknologi dan informasi akan menjadikan negara Indonesia ini lebih maju:

1. Kondisi ekonomi Indonesia akan semakin membaik ketika teknologi dan informasi berkembang dengan gencar di Indonesia. Lapangan pekerjaan baru akan semakin banyak terbuka sehingga pendapatan perkapita masyarakan meningkat.

2. Kondisi penduduk juga akan membaik karena persebaran informasi akan merata, sehingga orang tidak akan berbondong-bondong memadati pusat kota karena telah mendapati fasilitas dan informasi yang memadai di daerah.

3. Tingkat pengangguran jelas akan semakin berkurang dengan perkembangan teknologi dan informasi. Lapangan pekerjaan akan semakin banyak dan untuk membuka lapangan pekerjaan barupun akan lebih mudah.

4. Pendidikan masyarakat akan semakin membaik karena informasi dan ilmu-ilmu baru dapat mudah diakses oleh masyarakat sehingga animo belajar masyarakat akan terpacu.
5. Kondisi sosial budaya juga akan lebih membaik karena dengan berkembangnya teknologi informasi masyarakat akan mudah mengakses kondisi masyarakat luar negeri sehingga menjadi tidak ingin tertinggal dari masyarakat negara maju.

 
Kesimpulannya jika ingin mensejajarkan Indonesia dengan negara maju lainnya, mari kita tingkatkan dan pergunakan kemajuan teknologi informasi dengan maksimal.

Comments