Pengaruh Kepribadian Dosen Terhadap Mahasiswa, Kamu Sukaya Dosen Yang Mana??

Kebribadian sudah menjadi hal yang sering diperbincangkan. Banyak yang penasaran apa kepribadian dirinya, temannya, dan bahkan orang lain. Hippocrates membagi kepribadian manusia kedalam 4 kelompok yaitu:

1. Melankolis (Si sempurna)
2. Koleris (Si kuat)
3. Plaghmatis (Si enjoy)
4. Sangguinis (Si santai)

Sekarang kita akan membahas jika dosen yang memiliki kepribadian tersebut. Apa pengaruhnya bagi mahasiswa?

Pertama, Dosen melankolis.
=> dosen dengan tipe melankolis yang besar dapat mendorong mahasiswa untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Dosen ini diidentifikasikan sebagai dosen yang memiliki ide kreatif, berbakat, dan memiliki
intelektual yang tinggi

Kedua, Dosen Koleris
=> Dosen dengan tipe koleris yang besar dapat mendorong mahasiswa untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Dosen dengan tipe koleris diidentifikasikan sebagai dosen yang selalu berorientasi pada tujuan sehingga dapat bertindak efektif  dalam mengajar, dan selalu menguasai materi dengan baik

Ketiga, Dosen plaghmatis
=> Dosen dengan tipe phlegmatis yang besar dapat mendorong mahasiswa untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Tipe ini diidentifikasikan sebagai dosen yang bijaksana yaitu bisa memperhatikan, mendengarkan, dan memahami baik dan buruknya seseorang, sehingga cenderung bisa menguasai diri. 

Keempat, Dosen sanguinis
=> Dosen tipe sanguinis merupakan dosen yang memiliki semangat yang besara dalam mengajar, sehingga banyak mahasiswa yang bersemangat mengikuti perkuliahan yang dibawakan oleh dosen tipe ini.  Dosen sanguinis juga ekspresif  dan inovatif dalam memberikan materi kuliah serta memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap mahasiswanya. Dengan karakteristik demikian maka dosen sanguinis akan dapat mendorong dan mencari sumber-sumber pengetahuan dari berbagai referensi yang ada termasuk kemauan untuk bekerja sama dengan sesama dosen maupun mahasiswa. 

Kalau kamu sukanya dosen yang bertipe bagaimana?
Jangan lupa coment yaa....




reverensi:
KEPRIBADIAN DOSEN YANG BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI

BELAJAR 

Comments