Kamu Nge-Kos?? Ini 4 Kebiasaan Buruk Anak Kos Yang Harus Dirubah

Nge-kos sudah menjadi hal lumrah bagi mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa yang sedang dalam masa study berasal dari daerah yang jauh dari lokasi Universitas. Biaya yang mahal untuk mengontrak rumah secara pribadi dan tidak ada keluarga jauh tempat menumpang selama kuliah menjadikan nge-kos menjadi pilihan yang tidak tergantikan bagi mahasiswa.


Sayangnya ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan anak kos dalam kehidupan seputar kos mereka. Diantaranya adalah sebagai beriukut.

1. Cendrung berfoya-foya di awal bulan dan sengsara di akhir bulan.
Ini khusus untuk yang masih menerima uang bulanan dari ortu. Berbeda dengan mahasiswa yang sudah memiliki sumber penghidupan sendiri, mahasiswa pengemis dari orang tua cendrung tidak bisa mengontrol pengeluaran bulanannya.

2. Kurangnya kebersihan kamar kos.
Memang tidak semua anak-kos yang kamarnya berantakan, ada juga yang saya temukan sangat rapi untuk ukuran saya, haha maklum saja ya. Kamar berantakan ini biasanya merupakan ciri-ciri mahasiswa cerdas yang tidak terlalu suka dengan aturan, jadilah dia berkreasi macam-macam dengan singgasana kamarnya.

3. Malas nyuci dan nyetrika baju
Untungnya laundry sudah rmai dan tidak sulit dicari. Kalau kayak zaman dahulu kala yang mesin cuci saja langka tidak seperti sekarang, cucian pasti akan bertumpuk-tumpuk mengalahkan tingginya everest (_informasi buat yang belum tahu, everest itu gunung tertinggi di dunia lho.._) dan ketika baju bersih telah habis tidak ada pilihan lain selain mencucinya dengan asal-asalan.


4. Bergadang
Ini sulit untuk diubah barangkali. Jika kamu mahasiswa sosial yang kuliahnya santi-santai saja mungkin tidak pernah merasakan penderitaan begini. Tidak hanya sekali, lebih dari itu bahkan hampir setiap hari para mahasiswa eksak (terutama teknik) tidur lewat tengah malam, bahkan kadang hampir saat azan subuh berkumandang.

Ini lho yang perlu diubah sob...
Kalau kamu merasa melakukan salah satunya, segeralah bertaubat dan membiasakan kebiasaan yang lebih baik.
Tidak lupa untuk terus bero'a semoga ALLAH membantu untuk menjadi lebih baik....

Comments